Operasi Penggantian Sendi: Indikasi yang Dijadikan Pertimbangan Tindakan

Share:

 

Penggantian Sendi

Masalah sendi merupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat penting. Pasalnya, sendi merupakan bagian tubuh yang akan berpengaruh pada kemampuan gerak secara umum saat melakukan aktivitas. Perlu diketahui bahwa seiring pentingnya sendi, operasi penggantian sendi terkadang perlu dilakukan untuk mengembalikan fungsi sendi.

Cedera atau peradangan menjadi dua hal yang cukup sering menyebabkan masalah sendi, terutama di bagian lutut. Selain itu, masalah pengapuran yang terjadi, terutama pada orang-orang yang berusia lanjut juga bisa menjadi sebab kenapa operasi perlu dilakukan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa indikasi yang bisa dijadikan pertimbangan apakah Anda harus melakukan operasi atau tidak. Apa saja indikasi yang dimaksud? Cek ulasannya!

Indikasi Operasi Penggantian Sendi

Biasanya, sebelum melakukan operasi penggantian sendi, pasien akan mendapatkan pengobatan non-bedah dengan menggunakan beberapa obat atau alat untuk membantu aktivitas. Hanya saja, apabila beberapa cara di atas sudah tidak efektif untuk meredakan nyeri yang muncul dan meringankan keluhan, maka operasi akan dilakukan.

Ada beberapa indikasi yang bisa menjadi dasar tindakan operasi untuk penggantian sendi tersebut. Beberapa indikasi yang dimaksud diantaranya adalah:

1. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis merupakan kondisi di mana seseorang mengalami peradangan secara kronis. Dalam hal ini, para ahli mengatakan bahwa peradangan tersebut diakibatkan oleh penyakit auto-imun yang menyebabkan lutut dan persendian lainnya menjadi susah untuk berfungsi dengan baik.

2. Osteoarthritis

Osteoarthritis menjadi indikasi kedua dari operasi penggantian sendi. Dalam hal ini, osteoarthritismerupakan peradangan yang muncul saat usia terus bertambah. Oleh karenanya, indikasi ini sering muncul pada orang-orang yang berusia lansia, meskipun usia muda pun tetap memiliki risiko.

3. Post-traumatic arthritis 

Post-traumatic arthritis merupakan kondisi di mana seseorang mengalai nyeri dan peradangan pada sendi setelah mengalami cedera serius. Oleh karena peradangan tidak kunjung sembuh, maka tindakan operasi perlu dilakukan.

Beberapa hal di atas adalah apa yang menjadi indikasi operasi sendi, termasuk operasi pengapuran lutut. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengecek kondisi sendi secara teratur terutama ketika usia semakin bertambah.

No comments