TIps Finansial Bagaimana Berinvestasi

Share:

 

Finansial Adalah

Saat ini, sudah banyak orang yang melek finansial hingga terjun ke dunia investasi. Finansial merupakan kata yang diambil daribahasa Inggris yaitu finance, yang berarti keuangan. Menurut KBBI, finansial adalah memiliki arti mengenai (urusan) keuangan. Dari sudut pandang ilmu keuangan, finansial berarti membahas bagaimana mempelajari kondisi keuangan individu, bisnis, atau organisasi.


Selain karena faktor persiapan untuk kebutuhan jangka panjang, kini melakukan investasi juga cukup mudah. Pasalnya, sudah ada banyak sekali aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk berinvestasi. Dari mulai aplikasi saham, aplikasi kripto Indonesia, pendanaan P2P Lending dan lainnya. 


Satu catatan yang perlu diperhatikan saat melakukan perencanaan keuangan atau investasi adalah memahami setiap risiko yang akan terjadi. Sebab hal ini akan membantu Anda untuk lebih aman dalam berinvestasi.


Tips Finansial  : Bagaimana Berinvestasi


Di zaman sekarang, melakukan investasi sangatlah mudah dan cepat. Bahkan Anda bisa melakukan investasi dari manapun dan kapanpun melalui smartphone. Hanya saja, tidak semua investasi yang ada sekarang ini aman untuk Anda lakukan. Berikut adalah tips investasi yang aman untuk Anda lakukan


1. Pilih Instrumen yang Anda Kuasai

Hal penting ketika Anda baru mau mulai investasi adalah memahami instrumen apa yang akan Anda gunakan. Ini merupakan tips investasi yang aman agar Anda terhindar dari kerugian. 


Pastikan Anda memahami terlebih dahulu instrumen tersebut sebelum akhirnya benar-benar berinvestasi pada instrumen tersebut. Pemahaman akan instrumen ini juga akan berkaitan dengan tindakan dan keputusan yang akan Anda ambil nantinya. Jangan sampai Anda mengalami kerugian hanya karena tidak paham cara kerja dari instrumen investasi yang Anda pilih.


2. Pilih Platform yang Tepat

Tips investasi yang aman selanjutnya adalah memilih platform yang tepat. Ada banyak platform investasi yang tersedia saat ini. Beberapa merupakan platform resmi dan terdaftar, namun banyak juga yang merupakan platform palsu dan tidak terdaftar.


Di sinilah Anda perlu cermat untuk memilih platform investasi yang Anda gunakan. Selain memahami akan instrumen investasi yang akan Anda gunakan, Anda juga perlu tahu platform mana yang akan Anda pilih. Pilih platform yang berpengalaman dan terbaik di bidangnya, misal untuk pendanaan P2P Lending platform yang tepat saat ini di Indonesia ialah Akseleran.


Pastikan platform yang Anda pilih resmi dan terdaftar di otoritas keuangan setempat. Hal ini guna menghindari penipuan berbasis investasi. Selain itu, pastikan juga Anda memahami cara kerja platform tersebut.


3. Jangan Terlalu Berlebihan

Memang ada yang bilang bahwa semakin banyak uang yang Anda investasikan, maka akan semakin banyak hasil yang Anda dapat. Namun jika Anda belum berpengalaman atau belum yakin dengan kemampuan investasi Anda, maka ada baiknya Anda tidak berlebihan ketika menanam uang untuk investasi. Ini merupakan tips investasi yang aman untuk Anda lakukan selanjutnya.


Anda juga perlu membagi keuangan Anda dengan tepat. Pastikan uang yang Anda investasikan bukanlah uang harian yang akan Anda gunakan. Dalam hal ini, maka Anda juga perlu menentukan skala prioritas keuangan Anda. Nantinya, Anda akan mendapatkan hasil berapa persen uang yang bisa Anda investasikan.


4. Memiliki Tujuan

Ini yang tidak boleh Anda lupakan, ketika Anda akan mulai investasi maka Anda perlu memiliki tujuan yang pasti. Dengan adanya tujuan ini, maka Anda juga akan mudah menentukan langkah yang akan diambil ke depannya.


Itulah beberapa tips investasi yang aman untuk Anda coba. Jangan sampai Anda mengalami kerugian karena memilih platform atau instrumen investasi yang salah.

No comments